Nama Domain

Tips Cara Memilih Nama Domain dan Cek Nama Domain

Nama Domain

Nama Domain

Nama – nama domain yang popular, biasa disebut TLD (Top Level Domain) berextention (akhiran) : .com, .info, .biz, .us, .name, .mobi, .web.id, .co.id, .org, .edu, .sch, .tv, .asia dan lain – lain. Tetapi kecenderungan orang selalu memilih .com karena factor kepopuleran atau karena sudah menjadi generic name, seperti orang menyebut Honda untuk sepeda motor. Pepsodent untuk pasta gigi. Honda dan Pepsodent telah berhasil menjadi generic name, walau sebetulnya keduanya adalah merk dagang. Sehingga jika memang masih ada peluang beli nama domain dengan extention .com, sebaiknya kita tetap memakai .com untuk nama domain kita.

Memiliki nama domain sendiri adalah hal yang pertama kali kita lakukan sebelum membuat sebuah website profesional (memiliki nama domain dan hosting sendiri). Nama domain ini ibarat alamat rumah. Sedangkan hosting adalah bangunan fisik rumahnya. Bagaimana tip memilih nama domain yang SEO Friendly ? yang disukai oleh Robot Gedek Robot Google. Ada 2 hal yang sering digunakan untuk patokan mencari nama domain. Pertama Berdasarkan Keyword (kata kunci) dan yang kedua berdasarkan brain name (merk ). Apa kelebihan dan kekurangan keduanya ?

Nama domain berdasarkan keyword kelebihannya lebih SEO friendly dan lebih mudah untuk dioptimasi di Search Engine. Sedangkan berdasarkan brain name (misal : nama orang, nama perusahaan dan nama organisasi) yang memang sudah terkenal lebih dulu di dunia nyata akan sangat mudah di kalahkan oleh nama domain berdasarkan keyword untuk terlisting dalam Top SERP (Search Engine Result Page). Tapi jangan mudah menyerah. Andaikan sudah tahu caranya tentu nama domain berdasarkan brain name juga bisa di SEO kan. Nama domain berdasarkan keyword jarang dipublikasikan secara off line. Tapi nama domain berdasarkan brand name biasanya untuk mendukung popularitas yang memang sudah dikenal dulu di dunia off line, karena menyangkut nama seseorang (public figure atau siapa saja yang ingin menjadikan web sebagai salah satu teknik Public Relations, Monetisasi atau sekedar sharing), nama perusahaan (untuk lebih mempopulerkan, brand building), nama organisasi (agar lebih mudah di akses informasinya).

Dimana beli nama domain yang baik ? Coba beli di JogjaHost atau di NameCheap. Untuk “cek nama domain” atau untuk mengetahui pemilik nama domain bisa menggunakan fasilitas Who Is di Domain Tools

By Eddy Setyawan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms for the article:

cek nama perusahaan (68), nama-nama domain (30), nama nama domain (23), CARA CEK NAMA PERUSAHAAN (18), cek nama domain (17), nama nama domain di indonesia (12), nama nama domain gratis (11), nama-nama domain gratis (9), Nama-nama top level domain (8), nama nama tld (7)
Be Sociable, Share!
12 Comments on “Nama Domain
  1. Makasih atas artikel yg menarik ini mas Edy.
    Saya tidak tahu apakah yg saya alami sekadar mithos atau bukan tp yg jelas, situs-situs saya yg menggunakan TLD dotcom lebih mudah terindeks di google daripada yg dot-info.
    Bener nggak ya? Punya pengalaman serupa?

  2. Pingback: Belajar SEO Pemula >> Belajar SEO para pemula | Tips Belajar SEO ! | Eddy Setyawan [dot] com

  3. Pingback: Iklan Baris GRATIS >> Iklan Baris Pontianak | Iklan Bisnis ! | Eddy Setyawan [dot] com

  4. Pingback: Beli Domain PR 3 >> Beli Domain Murah | Domain .com ! | Eddy Setyawan [dot] com

  5. Pingback: Web Hosting Indonesia | Web Hosting Terbaik | Web Hosting IIX | Eddy Setyawan

  6. Pingback: Alex, free hosting website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco